10 Foto-Foto Fenomenal Dari Perang Irak

Dengan lensanya para fotografir telah mengabadikan berbagai momen, mulai dari pemandangan alam yang indah sampai suasana perang yang mengerikan. Namun adakalanya sebuah foto yang diambil dari momen yang biasa saja malah memiliki ungkapan-ungkapan yang tersirat. Sekarang mari kita tengok foto-foto yang diambil saat perang Irak kemarin:

10. Marlboro Man



Gambar ini menjadi simbol yang kuat dari keberadaan tentara Amerika di Irak, wajah kuyu dan kotor penuh bekas pertempuran, dengan beberapa luka diwajahnya. Satu-satunya yang bersih hanya rokok Marlboro-nya.

9. "Mission Accomplished"



Pada tanggal 1 Mei 2003, Presiden George W. Bush berdiri di geladak sebuah kapal induk dan mendeklarasikan berakhirnya operasi tempur besar oleh tentara AS di Irak. Banner belakangnya dihiasi dengan citra dari bendera Amerika menyatakan "Misi tercapai." Sejak tanggal itu, lebih dari 4.000 personel militer Amerika tewas di Irak, dan lebih dari 30.000 telah terluka. Citra dari pidato dan kematian yang disertakan dalam akibatnya menimbulkan rasa jijik di antara banyak anggota masyarakat.

8. Samar Hassan Crying



Ini foto Samar Hassan, usianya hanya 5 tahun. Orangtuanya telah ditembak dan dibunuh oleh tentara AS Divisi Infanteri 25. Para tentara sedang melakukan patroli sore ketika mereka mengadakan kontak dengan keluarga Hassan, yang bepergian dengan mobil. Berpikir mereka sedang didekati oleh seorang pembom bunuh diri, pasukan melepaskan tembakan. Samar dan lima anak-anak lain di kursi belakang lolos tanpa terluka. Fotografer, Chris Hondros, ditolak akses ke batalion setelah foto ini tersebar.

7. Coffins Coming Home



Pemerintah Amerika selalu enggan untuk melepas gambar pengangkutan korban militer. Mungkin ini karena menghormati tentara merekayang gugur , tetapi dari pikiran yang lebih sinis percaya bahwa itu adalah untuk mencegah masyarakat melihat realitas konflik. Diambil oleh Departemen Pertahanan, foto-foto dari korban perang, dalam peti mati terbungkus bendera pada pesawat kargo, foto ini ditampilkan setelah Russ Kick, seorang aktivis Amandemen Pertama, mengajukan permintaan Kebebasan Informasi.

6. Saddam's Statue Toppled



Segera setelah pembebasan Baghdad, patung-patung Saddam Hussein sang diktator diruntuhkan di seluruh kota. Masyarakat lokal berkerumun di sekeliling dengan arsitektur Baghdad yang indah sebagai latar belakang. Bagi banyak orang di seluruh dunia, ini terlihat menjadi simbol sukses dan bukti bahwa masyarakat sendiri menyambut intervensi. Bagaimana foto tersebut dilihat sekarang adalah masalah lain, telah dilaporkan bahwa jatuhnya patung di alun-alun Baghdad sebenarnya hanya diliput media Amerika, dihadiri oleh hanya segelintir penduduk lokal dan diawasi oleh pasukan AS.

5. The Bombing of Baghdad



Perang di Irak dimulai dengan serangan udara. Orang di seluruh dunia, dari setiap ideologi politik, terpaku ke layar televisi mereka untuk menonton serangan terjadi. Pengeboman Baghdad menunjukkan kekuatan yang luar biasa dari militer AS.

4. Weightlifting in Al-Faw Palace



Ini gambar seorang tentara Amerika mengangkat beban di gym darurat, dikelilingi oleh arsitektur Timur Tengah yang indah, menunjukkan kehidupan terus berlangsung, bahkan di tengah konflik berkepanjangan. Fasilitas olahraga ini dapat ditemukan di Al-Faw Palace, sebuah bangunan mewah yang konstruksinya diperintahkan oleh Saddam Hussein. Penggunaan sebuah istana presiden yang dimaksudkan untuk memperingati kemenangan tentara Irak selama konflik Iran-Irak adalah komentar menggigit tentang bagaimana simbol dari kediktatoran lama digunakan oleh tentara Amerika yang telah menggulingkan rezim.

3. A "Farewell Kiss"


Pada tanggal 14 Desember 2008, George W. Bush menerima "ciuman perpisahan" yang tidak diharapkan. Sebuah konferensi pers di Baghdad berlangsung, wartawan Irak Muntadhar al-Zaidi melemparkan "sepatu ukuran 10" pada presiden Amerika. Berteriak, "Ini adalah ciuman perpisahan dari orang-orang Irak, Anda anjing. Ini untuk para janda dan anak yatim dan semua mereka yang tewas di Irak," wartawan melemparkan kedua sepatu ke seberang ruangan. Bush, setelah berhasil menghindari "rudal" ini hanya tersenyum menyeringai. Menurut saksi, wartawan tersebut dipukuli oleh agen-agen keamanan di belakang kejadian ini, setelah diseret keluar dari konferensi. Ia kemudian dijatuhi hukuman 3 tahun penjara karena menyerang seorang kepala negara asing.

2. Saddam Hussein’s Capture


Sebagai administrator AS Paul Bremer begitu bangga menyatakan pada waktu itu, "Ladies and gentlemen, kita menangkap dia." Dari April sampai dengan Desember 2003, lokasi Saddam Hussein tidak diketahui. Akhirnya, pada tanggal 13 Desember 2003, dia ditemukan bersembunyi di sebuah lubang di tanah di samping rumah pertanian dekat Tikrit. Politisi yang terawat berubah menjadi buronan liar berambut dengan janggut tebal tak terawat.

1. Abu Ghraib Torture



Meskipun ada tuduhan telah berlangsung penyiksaan, pemerkosaan dan penganiayaan tahanan di penjara Abu Ghraib di Irak,namun itu baru terungkap sampai 60 Minutes II menyiarkan cerita mengenai penyalahgunaan, termasuk foto grafis, bahwa rincian insiden ini menjadi terkenal . Sifat eksplisit dari foto-foto, menjadi bukti tak terbantahkan memicu kemarahan nasional dan internasional, banyak yang takut bahwa gambar itu akan memicu sentimen anti-Amerika secara global. Sebagai tanggapan, Departemen Pertahanan ASmenghapus 17 perwira dan prajurit dari tugas, sementara 11 personil militer akhirnya dihukum karena tuduhan seperti penganiayaan, penyerangan dan lain-lain.

Sumber:

Brainz

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa