5 Kisah Burung Merpati Pembawa Pesan

Merpati merupakan burung yang istimewa, pertama karena merpati sering diasosiasikan dengan perdamaian, yang kedua merpati adalah burung yang sangat setia terhadap pasangannya, dan ketiga karena selama berabad-abad manusia telah menggunakan merpati untuk mengirimkan pesan, jauh sebelum teknologi telegraf ada. Nah kali ini ane mau share 5 kisah merpati kurir yang paling berpengaruh dalam sejarah


Brutus dan Pengepungan Modena
Yunani dan Romawi kuno menggunakan merpati-merpati untuk mengirim semua jenis pesan. Pada awal abad ke-8 SM, Yunani menggunakan merpati-merpati untuk mengirimkan berita tentang juara Olimpiade. Kita juga tahu dari seorang hakim Romawi di abad ke-4 yang mengirimkan merpati hanya untuk mengatakan bahwa ia akan pulang terlambat dari teater.












Tapi mungkin penggunaan merpati terbesar pada abad 44 SM, selama pengepungan Marc Antony Modena (sebuah kota di Italia Utara, kemudian dikenal sebagai Mutina). Marcus Junius Brutus berhasil mempertahankan kota, sebagian berkat dia menggunakan merpati untuk mengirimkan pesan ke sekutu-sekutunya, Decimus dan Hirtius.


The Rothschild Fortune and the Battle of Waterloo
Keluarga Rothschild, keluarga Eropa terkenal dan dinasti perbankan, bisa berterimakasih kepada merpati atas keberuntungan besar yang mereka terima.












Pertempuran Waterloo tahun 1815 antara Inggris dan Perancis sekarang terkenal karena kerugian penting untuk Napoleon Bonaparte. Tetapi pada saat itu, sebelum jaman telegraf, berita menyebar dengan lambat, dan Eropa cemas menunggu kabar dari pemenang.

Sektor keuangan juga menahan napas, menunggu untuk melihat apakah nilai utang pemerintah Inggris akan meningkat dengan kemenangan - atau tenggelam dengan kerugian. Tapi Rothschild telah mendirikan sebuah sistem, canggih beragam utusan dan komunikasi, termasuk merpati pos. Karena itu, Rothschild adalah salah satu yang pertama mengetahui hasil perang dan memanfaatkan pengetahuan itu. Ia mengetahui seluruh berita 24 jam penuh sebelum separuh penduduk London mengetahui, dan bahkan sebelum pemerintah sendiri.

Ternyata, kekalahan Napoleon adalah keuntungan Rothchild's.


Merpati Pos Selama Pengepungan Paris
Pada 1870-an, telegraf sudah mapan, dan orang mungkin mengira bahwa merpati pos adalah bagian dari masa lalu. Namun, merpati terus datang melalui orang-orang dalam keadaan yang mengerikan.












Ini adalah kasus ketika Prussia terkepung Paris pada 1870, memotong komunikasi selama berbulan-bulan antara penduduk kota dan keluarga mereka yang tinggal jauh. Untungnya, banyak merpati masih disimpan oleh penggemar, dan Paris mampu menggunakan ratusan burung-burung untuk mengirim pesan ke orang-orang tercinta.

Karena merpati selalu kembali ke rumah, orang-orang Paris harus mengirim merpati keluar melalui balon untuk mengirim pesan. Merpati kemudian bisa kembali dengan surat balasan. Juga, untuk mengirim pesan yang panjang tanpa membebani burung, orang-orang merangkai pesan dengan cara microphotography.


Cher Ami and the Lost Battalion
Selama Perang Dunia I, se Divisi Infanteri batalyon Amerika ke-77 sengaja mengembara ke wilayah musuh dan menemukan dirinya terkepung. Untungnya, mereka telah melatih burung merpati pos, sehingga tentara mengutus mereka keluar. Di tengah api musuh, hanya satu merpati muncul: merpati Inggris yang terlatih dengan nama "Cher Ami."













Sebagai burung veteran, Cher Ami sudah menyampaikan selusin pesan untuk tentara Amerika. Terbang 25 mil dalam 25 menit, Cher Ami berhasil tiba dengan pesan dan menyelamatkan nyawa "The Lost Batalyon." Namun, merpati heroik menderita pukulan ke kaki dan kepalanya selama perjalanannya, sekarat dari luka-luka yang diderita.

Cher Ami dihiasi oleh pemerintah Perancis, dan sekarang boneka-nya dipamerkan di Smithsonian Museum of American History


G.I. Joe to the Rescue
Pada bulan Oktober 1943, selama Perang Dunia II, Amerika dijadwalkan untuk membom kota yang diduduki Jerman, Colvi Vecchia di Italia. Namun, pada menit terakhir, pertahanan Jerman jatuh ke Brigade Infanteri ke-56 Inggris, dan Jerman mundur. Inggris telah menguasai kota sekarang, tapi mereka harus mengirim pesan ke Amerika untuk membatalkan pemboman dijadwalkan.













Sayangnya, transmisi radio gagal, dan Inggris harus mengandalkan merpati dengan nama "GI Joe" untuk menyampaikan pesan. G.I. Joe Yang berani terbang 20 mil dalam 20 menit. Ia tiba di saat yang tepat, tepat sebelum pesawat pembom berangkat , menyelamatkan kota dan 150 pasukan Inggris. Inggris kemudian memberikan G.I. Joe Medali the Dickin Medal for Gallantry. Angkatan Darat Amerika Serikat mempertahankan "pasukan merpati" mereka sampai 1956. Dan pada abad 21 di Perancis, merpati telah digunakan untuk membawa sampel darah ke fasilitas pengujian dari lokasi terpencil.

Angkatan Darat Amerika Serikat mempertahankan mereka "Pigeon Corps" sampai 1956. Dan pada abad 21 di Perancis, merpati telah digunakan untuk membawa sampel darah ke fasilitas pengujian dari lokasi terpencil.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa