BTS Terkecil di Dunia : Hanya Seukuran Flash Disk

Untuk dapat berkomunikasi sebuah handphone tentu memerlukan sebuah tower pemancar jaringan atau yang kita kenal dengan nama BTS. Nah pasti dalam bayangan kita BTS seperti ini
















Namun bentuk tower yang sekarang kurang bisa diterima oleh masyarakat. Alasan pertama takut roboh karena fisik tower yang tinggi dan besar, dan yang kedua tower/BTS ini sebenarnya merusak keindahan kota.

Dua Inggris perusahaan-PicoChip dan Ubiquisys-telah mengembangkan perangkat pemancar sinyal berukuran saku, perangkat USB-powered, yang terhubung ke ponsel terdekat dengan menggunakan frekuensi yang sama dari sebuah menara konvensional.
Gadget menggunakan koneksi Internet dari komputer atau perangkat lain untuk menghubungkan kembali ke jaringan sel yang lebih luas dan panggilan relay atau data. PicoChip hanya seukuran USB stick, sedangkan desain Ubiquisys seukuran ponsel yang kecil.






















"Ini adalah base station 3G terkecil di dunia," kata Andy Gothard dari PicoChip, yang menyediakan chip di jantung femtocell(perangkat BTS yang telah diperkecil) yang paling banyak terjual di seluruh dunia, termasuk AT & T microcell. PicoChip mampu membuat femtocell lebih kecil dengan mendesain ulang chip utama dan mengurangi konsumsi daya kepada 4,5 volt yang disediakan oleh koneksi USB, kata Gothard. Keunggulan alat ini adalah bisa memperkuat sinyal di daerah yang sulit dijangkau sinyal BTS biasa, seperti di dalam rumah atau apartemen, terowongan, dll. Namun ada juga kelemahannya yaitu jarak jangkau-nya yang sangat pendek.

Sumber:www.technologyreview.com 

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa