Hati-Hati Gan Bahaya "Lem Daging" Dalam Steak

Anda mungkin heran apa sih lem daging itu? bukannya lem itu buat kayu, besi, kertas, kaca, dan lain-lain? Tapi lem daging memang ada gan. Fungsinya adalah menyatukan daging-daging (kambing, ayam, sapi, dan ikan) yang berantakan menjadi sebuah daging yang utuh.






















Lem adalah transglutaminase, enzim dalam bentuk bubuk, berasal dari plasma darah daging sapi dan babi. Koki paling sering menggunakan merek Aktifa RM (gambar diatas) , yang transglutaminase dicampur dengan caseinate maltodextrine dan natrium, protein susu. Menggunakan enzim dalam makanan bukan teknik baru. Biji Pepaya adalah bahan utama dalam pelunak daging, misalnya. Rennet dan ragi menghasilkan enzim yang membuat keju dan alkohol, juga. Alam enzim. Lem Daging adalah produk yang lebih "gelap". Menurut French Culinary Institute’s blog (USA), lem daging adalah bahan yang aman namun penelitian ini di danai oleh Ajinomoto (yang tentu saja adalah produsen lem daging tersebut).

Lem daging sudah di boikot oleh Parlemen Eropa sejak Mei 2010, namun produknya masih bisa didapatkan. Menurut microbiologist Glenn Pener bakteri yang terdapat pada steak yang telah diberi lem daging lebih banyak dari steak biasa. Selain itu kehalalannya juga mungkin diragukan, jadi telitilah daging anda.

Sumber:

Green Prophet

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa