Melongok Menara Einstein (Einstein Tower/Einsteinturm)

Anda pencinta fisika? mungkin anda mau meluangkan waktu sebentar melihat bangunan yang diberi nama Einsten Tower. Bangunan ini terletak di kota Postdam, German. Di sana, di puncak bukit, mereka bisa mengikuti tur ke Einstein Tower (Einsteinturm), dan melihat patung Einstein di lobi yang disembunyikan oleh para pekerja selama Perang Dunia II, untuk menjaga Nazi tidak mengutak-atik patung tersebut (Einstein adalah Yahudi).

Dirancang dan dibangun oleh arsitek Eric Mendelsohn pada tahun 1921, Menara Einstein masuk ke tahap pembangunan tahun 1924. Bangunan ini tidak hanya sekedar bangunan yang ekspresionis namun juga juga merupakan fasilitas penelitian bonafide, mana ilmuwan mempelajari medan magnet matahari.

Di antara fitur utama Menara Einstein adalah teleskop surya, dirancang oleh astronom Erwin Finlay-Freundlich dan disimpan di kubah struktur. (Anda dapat melihat heliostat di kanan foto, dan cermin di kiri untuk mencerminkan berkas cahaya ke menara). Awalnya itu digunakan untuk eksperimen memverifikasi prediksi relativitas umum: bahwa akan ada pergeseran merah kecil di jalur spektral di medan gravitasi matahari.

Tapi ternyata, ada begitu banyak efek surya lain yang terjadi, bahwa pergeseran tanda menjadi kabur. Para ilmuwan tidak berhasil dalam membuat pengamatan sampai 1950-an. Seiring waktu, penelitian fokus bergeser untuk mempelajari medan magnet matahari, fokus utama dari pekerjaan yang dilakukan di sana hari ini.

Foto 1. Dari Samping




















Foto 2. Depan




















Foto 3. Belakang




















Foto 4. Kantor




















Foto 5. Maket


















Foto 6. Denah












Foto 7. Kubah















Foto 8. Denah Kubah
























Lalu bagaimana tanggapan Einstein sendiri mengenai menara ini?

Legenda mengatakan bahwa Mendelsohn mengajak Einstein berkeliling menara dan menunggu dengan sabar untuk anggukan persetujuan dari ilmuwan terkenal di dunia. Dan menunggu. Dan menunggu. Kemudian, ketika Einstein bertemu dengan komite pembangunan, konon ia berbisik satu kata: "organik". Sampai saat ini, tidak diketahui apakah ucapan ini dimaksudkan sebagai persetujuan atau penghinaan.

Sumber:
Discovery News
Great Building

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa