Wow Indonesia Memiliki Panas Bumi Terbesar Di Dunia













Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi panas bumi terbesar di dunia, 40 persen dari potensi geotermal dunia atau setra 28.000 MWe yang tersebar di 256 lokasi. Potensi geotermal yang cukup besar itu menjadikan peluang bagi Indonesia untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap bahan bakar fosil lain yang cenderung selalu mengalami kenaikan harga dan bersifat tidak ramah lingkungan. Sayangnya, baru 1.189 MWe energi geotermal yang dimanfaatkan.

Direktur Energi, Pertambangan, Sumberdaya Mineral dan Pertambangan Bappenas, Dr Montty Girianna menuturkan, pemerintah memberikan kesempatan pada pihak swasta untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan tenaga listrik panas bumi. "Pemerintah pun telah mengeluarkan kebijakan mendorong sektor swasta untuk berinvestasi pada pemanfaatan energi panas bumi ini," ungkapnya.

Disebutkan, sejumlah keuntungan akan diperoleh dengan melibatkan pihak swasta dalam pengembangan proyek geotermal. "Pembangunan proyek geotermal akan lebih efisien apabila dilakukan pihak swasta," terangnya.

Terpisah, Freddy R Saragih, Kepala Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal Kementerian Keuangan menyampaikan, pemerintah telah mengalokasikan dana bergulir untuk geotermal sebesar negatif Rp 1.126.5000.000.000. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai kegiatan eksplorasi bagi pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi. "Dana tersebut diprioritaskan untuk kegiatan eksplorasi di wilayah Indonesia Timur dan green-field," katanya.


Sumber:

Suara Merdeka

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa