Top 10 Kasus Pelarian Dari Penjara

SKisah-kisah pelarian memang sangat menarik untuk disimak, salah satu sebabnya mungkin karena beberapa orang berani (atau nekat) ini bisa menembus pertahanan penjara yang kuat bahkan dengan peralatan yang sangat sederhana. Nah sekarang postingan kali ini mengungkap 10 aksi pelarian dari penjara yang paling terkenal.

The Taliban Tunnel Out

Top 10 Prison Escapes
Ahmad Nadeem / Reuters

Pada tanggal 25 April, di pagi hari yang sepi, lebih dari 480 gerilyawan Taliban dan narapidana lain kabur dari penjara denga melalui terowongan bawah tanah. Terowongan ini membentang 1.050 kaki (320 m), melewati pos pemeriksaan pemerintah dan menara pengawas, hambatan dan kawat berduri yang berdiri di antara para tahanan (termasuk 100 komandan Taliban). Pukul 4 pagi, penjaga di penjara Sarposa di Kota Kandahar (bekas ibukota Taliban) menemukan penjara telah kosong - hanya 30 menit setelah Taliban berhasil kabur melalui terowongan. Waktu tepat, bersama dengan kenyataan bahwa entah bagaimana narapidana melarikan diri dari sel-sel terkunci di tengah malam dan penjaga tidak menyadari pengeboran terowongan selama 5 bulan, membuat kecurigaan tertuju pada para penjaga yang mungkin telah membantu Taliban kabur. Pelarian ini tidak terlalu luar biasa, karena tahun 2008 lalu dipenjara yang sama 900 Taliban juga pernah kabur.


The Escape from Alcatraz

Top 10 Prison Escapes
Cameron Davidson / Corbis

Alcatraz seharusnya penjara Amerika yang tak tertembus. Itulah sebabnya, hampir 50 tahun setelah tiga orang menghilang dari dalam tembok pada tanggal 12 Juni 1962, kisah tersebut masih terkenal. The Rock, sebuah pulau yang terletak di tengah Teluk San Francisco, adalah terburuk dari yang terburuk, termasuk Frank Morris dan John dan Clarence Anglin (yang semuanya di hukum seumur hidup karena perampokan dan kejahatan lainnya). Mereka diduga menggali beton tebal memakai sendok logam (diperkuat dengan perak) dan improvisasi bor dibuat dari vacuum cleaner yang dicuri. Cerdas-nya mereka meredam suara pengeboran mereka dengan memainkan suara akordion dan boneka papier-mache - dengan rambut dicuri dari toko tukang cukur penjara - di tempat mereka. Meskipun orang-orang mengklaim mereka tenggelam di laut (Dengan demikian penjara memegang rekor tidak ada pelarian dalam 29 tahun beroperasi), tetap mereka tidak pernah ditemukan dan US Marshal Service mempertahankan berkas kasus mereka aktif sampai sekarang . Aksi mereka menjadi dasar film "Escape from Alcatraz" 1979, dibintangi Clint Eastwood.

The Great Escape

Top 10 Prison Escapes
Hulton Archive / Getty Images

The Great Escape, seperti diketahui, merupakan upaya pasukan sekutu yang ditawan untuk melarikan diri dari Stalag Luft III, sebuah kamp keamanan maksimum Nazi, di paruh kedua Perang Dunia II. Dari April 1943 sampai Maret 1944, lebih dari 600 tahanan bekerja pada proyek. Mereka menggali tiga terowongan, dijuluki Tom (yang tersembunyi di sudut gelap), Dick (di bawah kamar mandi) dan Harry (di belakang kompor), yang mereka harapkan akan memberikan mereka kebebasan. Terowongan diposisikan 30 kaki (9 m) bawah tanah untuk menghindari deteksi oleh para penjaga. TIME menggambarkan mereka pada tahun 1963 sebagai, "a marvel of Swiss Family Robinson ingenuity." Rencananya, di buat oleh seorang perwira Inggris bernama Roger Bushell, juga menyediakan 200 pelarian diharapkan dengan kertas palsu yang akan membantu mereka menghindari penangkapan kembali setelah mereka bebas. Dari tiga terowongan, hanya Harry yang selesai. Dua ratus orang mencoba melarikan diri pada tanggal 24 Maret 1944, hanya untuk menemukan bahwa terowongan itu terlalu pendek, ketika keluar terowongan, para tahanan menemukan diri mereka benar-benar terlihat dan dekat dengan menara jaga. Karena kemunduran ini dan beberapa sebab lainnya (termasuk serangan udara), hanya 76 orang berhasil keluar dari terowongan malam itu. Semua kecuali tiga orang ditangkap kembali. Dari mereka, 50 ditembak oleh Gestapo. Meskipun rencana itu gagal, aksi berani tersebut mengilhami film tahun 1963 dibintangi Steve McQueen.

Imrali Island and the Midnight Express

Top 10 Prison Escapes
Bettmann / Corbis

Pada tahun 1970, Billy Hayes, mahasiswa New York Berumur 23 tahun, tertangkap mencoba menyelundupkan ganja keluar dari Turki. Dia dijatuhi hukuman lebih dari empat tahun penjara dan akhirnya dipindahkan ke pulau Imrali di Selat Bosphorus. Ketika hukumannya akan berakhir, Hayes menerima hukuman diperpanjang 30 tahun. Menolak untuk menghabiskan sisa hidupnya di penjara, Hayes, yang diberi pekerjaan di dermaga, lolos menggunakan perahu dayung di tahun 1975. Dia mencari jalan ke Istanbul dan, ketika ia tidak bisa menemukan tempat persembunyian, rambutnya di cat dan kabur ke Yunani, di mana ia akhirnya dideportasi ke AS Pada tahun 1977, Hayes menulis buku Midnight Express tentang penderitaannya. Ketika dibuat menjadi film oleh Oliver Stone (naskah) dan Alan Parker (sutradara), cerita itu diubah, termasuk tambahan adegan kekerasan dan perkosaan yang tidak pernah terjadi. Dalam sebuah wawancara 2007, Hayes berkata, "Masalah saya dengan film ini tidak ada orang Turki yang baik di dalamnya." Film ini kemudian memenangkan dua Academy Awards, termasuk Best Skenario.


The Maze

Top 10 Prison Escapes
Paul McErlane / Bloomberg News / Getty Images

The Maze, yang terletak sekitar 10 mil (16 km) barat Belfast, dibuka pada tahun 1971 dan menyimpan banyak masalah. Ada beberapa upaya melarikan diri dari penjara keamanan maksimum sebelum ditutup pada tahun 2000. Namun pelarian tahun 1983 oleh 38 tahanan IRA adalah peristiwa terbesar dalam sejarah Maze, pernah dianggap salah satu usaha pelarian besar-besaran di penjara Eropa. Dengan senjata diselundupkan ke penjara, pelarian yang dipimpin oleh Bobby Storey dan Gerry Kelly, mengambil alih Blok H-7, menewaskan seorang penjaga dan melukai beberapa orang lainnya. Ketika sebuah van memberikan suplai makanan tiba, orang-orang mengambil sandera penumpang dan menggunakan kendaraan untuk melarikan diri. Dalam beberapa hari, 19 tahanan ditangkap (termasuk Storey, yang menerima tujuh tahun tambahan untuk partisipasinya). 19 sisanya dikirim ke Safe House dan sebagian dikirim ke Amerika Serikat dan negara-negara lain (beberapa meninggal atau dibunuh saat melarikan diri). Kelly dan Brendan McFarlane, pemimpin lain melarikan diri, akhirnya kembali ke penjara setelah diekstradisi dari Amsterdam.

John Dillinger

Top 10 Prison Escapes
AP

"Aku tahu dia anak nakal dan pembobol penjara tapi aku bisa menangani dia," kata Sheriff Lillian atas Holley John Dillinger, dikutip dari TIME 1934. Gangster terkenal ini dibawa ke Indiana, di mana ia dicari atas tuduhan membunuh seorang polisi, setelah ditangkap di Arizona pada bulan Januari tahun itu. Beberapa bulan sebelumnya, para pengikutnya telah membantu dia keluar dari sebuah penjara Ohio di mana dia ditangkap perampokan bank. Namun bertentangan dengan keyakinan pihak berwenang, penjara Crown Point, Ind, adalah bukti bahwa penjara ini bisa dibobol. Pada tanggal 3 Maret 1934, Dillinger menggunakan "apa yang kemudian ia klaim pistol kayu" untuk keluar. Dan ia memenjarakan penjaga sebelum kabur dengan mobil sheriff. "Jika aku pernah melihat John Dillinger," Holley mengatakan, "Aku akan menembaknya mati dengan pistol saya sendiri ini terlalu konyol untuk dibicarakan.." Pada bulan Juli tahun yang sama, setelah perburuan intens, Dillinger ditembak mati, di luar teater Biograph di Chicago.

The Libby Prison Escape

Top 10 Prison Escapes
Corbis

Di bawah kegelapan pada tahun 1864, lebih dari 100 tentara Union membobol penjara Libby di jantung Konfederasi di Richmond, Va. Sekelompok tentara Amerika utara menemukan cara untuk menggali terowongan dari penjara bawah tanah yang memungkinkan keluar di luar tembok. Ruang bawah tanah itu begitu penuh dengan kutu sampai mereka menyebutnya "neraka tikus." Tapi setelah beberapa minggu menggali, mereka muncul di dalam sebuah gudang tembakau. Seratus sembilan tentara Uni akhirnya melarikan diri. Meskipun banyak yang tertangkap dan beberapa meninggal dalam usaha mereka untuk kembali ke utara, ini tetap menjadi kasus pelarian terbesar selama Perang Saudara.

Pascal Payet, the Crafty Frenchman

Top 10 Prison Escapes
Boris Horvat / AFP

Orang Prancis ini memiliki kemampuan untuk lolos dengan gaya Hollywood. Pada tahun 2001, ia lari dari sebuah penjara Perancis melalui helikopter. Pada tahun 2003, ia kembali menggunakan helikopter untuk membantu tiga orang lainnya melarikan diri dari fasilitas yang sama. Setelah ia ditangkap kembali, Payet lolos lagi dalam sebuah pembobolan penjara yang bahkan lebih dramatis. Sebuah helikopter dibajak di Cannes dan diterbangkan ke penjara negara di Grasse, di mana ia mendarat di atap penjara. Tiga orang melompat keluar dengan pistol dan senapan menggergaji, mendobrak masuk dan keluar dengan Payet. Setelah dilakukan pencarian besar-besaran tiga bulan kemudian Payet tertangkap di Spanyol. Tidak jelas apakah dia punya rencana kabur yang lebih dramatis.

John Gerard and the Tower of London

Top 10 Prison Escapes
London Stereoscopic Company / Getty Images

Tahanan di Tower of London tidak harus khawatir tentang teknologi keamanan canggih saat merencanakan pelarian mereka, sebaliknya, tidak banyak tahanan hari ini harus berurusan dengan menyeberang parit. Tahun 1597 John Gerard, seorang imam Yesuit dipenjara dan disiksa di bawah pemerintahan Protestan Ratu Elizabeth I, dengan bantuan tinta tak terlihat dari jus jeruk, string, tali, perahu, sedikit bantuan dari teman-temannya dan bantuan dari Tuhann, Gerrard akhirnya bisa kabur.


Napoleon Leaves Elba

Top 10 Prison Escapes
Bettmann / Corbis

Pada musim semi 1814, tentara Perancis Napoleon benar-benar berantakan basah kuyup, terhuyung-huyung dari bencana di musim dingin Rusia. Terkepung dan melemah, Napoleon terpaksa turun takhta kekaisaran dan dikirim ke pengasingan di Pulau Elba Mediterania kecil. Sekarang, Anda bisa mengatakan nyaris tidak ada penjara saat Anda bisa mengklaim kedaulatan atas seluruh pulau, membangun angkatan laut kecil dan menghabiskan hari-hari Anda mensurvei tanah dan memerintahkan pembangunan tambang besi, tetapi Napoleon tahu musuh tidak akan mentolerir keberadaannya di Elba dalam jangka panjang dan memiliki rencana untuk mengirim dia lebih jauh ke St Helena di Atlantik. Jadi Napoleon diam-diam meninggalkan Elba dengan kekuatan kecil dan mendarat di tanah Perancis - dalam pertemuan terkenal, resimen Perancis dikirim untuk mencegat Kaisar namun malah berbalik mendukung Napoleon. Dan segera seluruh bangsa bersatu dibelakangnya lagi. Namun pada musim panas 1815 keberuntungannya habis dan bala tentaranya dikalahkan pada pertempuran Waterloo yang terkenal. Napoleon diasingkan ke St Helena, sebuah penjara dan kali ini tidak ada jalan keluar.


Sumber:
http://www.time.com/time/specials/packages/article/0,28804,2067565_2067566_2067593,00.html

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa