Tuesday, January 31, 2012

Ini Dia Sosok Mobil Timor Yang Tidak Pernah Anda Lihat

Siapa yang tidak kenal mobil Timor? mobil nasional era presiden Soeharto ini memiliki populasi yang cukup banyak dan cukup sering kita temui di jalanan. Bentuknya yang sedan sebenarnya buatan dari industri otomotif Korea yaitu KIA. Tidak heran begitu mobnas ambruk, KIA segera mengambil alih dan merubah nama mobil ini menjadi KIA Sephia.

Selama masa produksinya Timor hanya diproduksi 3 jenis dan semuanya sedan yaitu,
  • Timor S515 1498cc SOHC Karburator
  • Timor S515i 1498cc DOHC Injeksi
  • Timor SW516i 1600cc DOHC Injeksi

Namun tahukah anda bahwa ada Timor yang keempat, yup mobil Timor yang satu ini pasti belum pernah anda lihat, inilah Timor S213i






















Mobil ini direncanakan menggunakan mesin 1300cc injeksi, sedangkan bodinya dirancang oleh rumah desainer Italia terkenal, Zagato. Sayang proyek ini tidak dilanjutkan, dan anda tidak pernah tahu kalau Timor juga bisa membuat mobil hatchback.

Sumber:

1 comment:

  1. Setahu saya mobil Timor yg banyak beredar di Indonesia adalah aslinya mobil KIA Sephia di Korea dan masuk ke Indonesia diubah nama menjadi Timor itupun karena ada kerjasama antara pengusaha Indonesia dgn pihak KIA Motors.
    Timor yg masuk ke Indonesia adalah generasi ke 2 sedangkan generasi pertama memiliki model hampir mirip dgn generasi ke 2. Yg saya tahu KIA Sephia sendiri di negara asalnya (Korea) merupakan model yg kurang laris dipasaran berbeda dgn saudaranya Hyundai Accent dan Elantra yg lebih bisa memikat konsumen Korea.
    Jadi menurut saya bukan karena Timor di Indonesia bangkrut lantas diambil alih oleh KIA Motors dan diganti namanya menjadi Kia Sephia.
    KIA Shepia justru dihentikan produksinya karena kurang bisa diterima oleh pasar di Korea.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar. Komentar anda akan ditampilkan setelah di moderasi

Google+