Helm Tak Kasat Mata Ini Siap Melindungi Kepala Pengendara Sepeda

Di negara kita pengendara sepeda motor diwajibkan memakai helm, lain halnya dengan pengendara sepeda yang tidak diwajibkan memakai helm. Padahal pengendara dua kendaraan ini juga memiliki resiko yang sama yaitu resiko cidera kepala karena jatuh. Selama ini pemakai helm sepeda kebanyakan adalah pengendara sepeda balap, sedangkan pengendara sepeda lainnya cenderung tak acuh. Alasan utama mereka yang tidak mau pakai helm antara lain, repot, panas, dan berat.



Anna Haupt dan Terese Alstin kemudian menciptakan “Hövding, sebuah helm sepeda kasat mata yang siap dipasarkan kepada masyarakat. Kasat mata? tentu saja karena pengendara tidak perlu memakai helm yang kaku. Kok bisa? ternyata teknologi Hovding terletak pada benda yang mirip selendang di sekeliling leher. Prinsip alat ini bekerja seperti airbag di mobil.



Ketika pengendara mengalami tabrakan atau jatuh dari sepeda dengan sigap Hovding akan mengembang keluar persis seperti teknologi kantong udara pada mobil. Helm ini diklaim mampu menyerap benturan 4x dari helm biasa. Hovding sendiri dirancang dengan algoritma khusus yang membedakan apakah anda sedang kecelakaan atau sedang melakukan aktifitas rutin dengan sepeda. Contohnya memungut kunci yang jatuh di lantai tidak akan membuat Hovding mengembang. Namun ada juga kelemahan Hovding, yaitu tidak bereaksi jika ada benda jatuh dari atas tepat di kepala pengendara sepeda.



Kunci kekuatan Hovding ada pada bahan nilon super kuat sehingga anda tidak perlu kuatir Hovding akan robek ketika menghantam aspal, membuat kepala anda tetap aman. Keunggulan lain ada pada desainnya yang ringkas dan bisa disamarkan sebagai syal atau dipadankan dengan  pakaian anda. Untuk mendapatkan Hovding anda harus merogoh kocek cukup dalam yaitu sebesar $550.

Sumber:
http://www.thedailybeast.com/articles/2013/12/19/helmet-haute-couture-the-invisible-helmet-revolutionizing-bike-safety.html
http://www.hovding.com/en/

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa