Ilmuwan Sedang Mengembangkan Air Yang Memiliki Sifat Seperti Api



Selama ini kita mengenal sifat dari api adalah menghancurkan, namun ternyata air pun bisa memiliki sifat merusak seperti api. Sifat ini lalu dimanfaatkan oleh ilmuwan di International Space Station (ISS) untuk menghancurkan sampah. Menggunakan api untuk membakar sampah di luar angkasa jelas sangat berbahaya, belum lagi asap yang dikhawatirkan mengganggu awak kabin ISS. Nah teknologi satu ini bisa merubah air memiliki sifat seperti api, yaitu menguraikan sampah-sampah tanpa efek samping apa pun, air ini disebut Supercritical Water.



Bagaimana cara membuat Critical Water? Jika Anda mengkompres sampel air 217 kali tekanan atmosfer lingkungan dan memanaskan sampai 372 derajat Celcius , air tersebut menjadi Critical dan berubah menjadi sebuah plasma (bukan gas, cairan, atau benda padat) . Dalam keadaan ini , semua bahan organik yang bersentuhan dengan air dengan cepat teroksidasi - intinya adalah membakar tanpa api .




Dalam prosesnya Critical Water menghasilkan banyak sekali garam yang besar kemungkinan menyebabkan korosi di pipa-pipa. Crititcal water sendiri bukan hal yang aneh, karena beberapa industri sudah memanfaatkan CW untuk membersihkan komponen-komponen yang berbahaya.

Sumber:
Gizmodo

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal 15 Cabang Olahraga di Olympic Winter Games

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

Ini Dia Tarif Sewa Pesawat Militer Per Jam