Ini Dia 12 Sayuran Yang Belum Anda Ketahui

Pernah berkunjung ke restoran vegetarian? anda pasti akan terkejut mengetahui ternyata beragam sayuran bisa digunakan sebagai pengganti makanan berdaging, jamur misalkan bisa diolah menjadi menu mirip daging ayam. Nah ternyata selain jenis sayuran yang kita kenal sekarang ada juga sayuran lain yang asing di telinga dan mata kita. Sayuran apa itu? simak di artikel Anekainfounik berikut ini:

1. Oca

oca exotic vegetable

Sayuran ini bisa ditemukan di Andes, Amerika Selatan. Merupakan jenis sayurang yang cukup populer di Amerika Selatan. Konon Oca terasa lebih manis daripada kentang. Sayuran ini kaya vitamin C, Potasium, dan zat besi.

2. Tiger Nut

tigernuts exotic vegetables

Walaupun namanya "Nut = kacang" sayuran ini bukan lah kacang, pertama kali dikembangkan di Mesir Kuno. Tiger Nut bisa dibuat menjadi subtitusi susu sapi seperti halnya susu kedelai.

3. Romanesco.

Romanesco exotic vegetables

Romanesco kaya vitamin C, K, Serat, dan Karetenoid. Uniknya kepala spiral Romanesco mengikuti pola Fibonaci.

4. Kohlrabi

Kohlrabi

Termasuk jenis kubis liar namun sayuran ini sangat menyehatkan, bisa diolah menjadi salad

5. Salsify

Salsify

Sayuran ini dulu dipercaya bisa menyembuhkan gigitan ular. Walaupun mirip ketela namun sayuran ini lebih dekat dengan bunga Matahari.

6. Celeriac

celeriac exotic vegetables

Sayuran ini bisa menjadi pengganti kentang.

7. Kai Lan

Kai-lan exotic vegetables

Kai Lan umum ditemui dalam hidangan Kanton, biasa juga disebut Brokoli Cina.

8. Sunchoke.

Sunchoke exotic vegetables

Merupakan tanaman asli Amerika Utara, bisa menjadi pengganti kentang dan bisa menjadi bahan baku pembuatan minuman beralkohol.

9. Samphire

samphire exotic vegetables

Umum ditemui di daerah pantai, di Inggris sayuran ini merupakan salah satu bahan campuran salad untuk di hidangkan bersama masakan ikan. Penelitian terakhir menunjukkan tanaman ini bisa menjadi bahan biodiesel.

10. Nopales.

nopales exotic vegetables

Nopales merupakan daging dari beberapa pohon kaktus tertentu yang tumbuh di Meksiko. Untuk memakannya tentu saja anda harus menyingkirkan durinya yang sangat tajam. Karena teksturnya Nopales bisa menjadi makanan pengganti daging.

11. Dulse

Dulse, exotic vegetables

Dulse merupakan rumput laut yang umum diolah oleh orang Islandia menjadi hidangan sop sampai kaserol. Tanaman ini kaya vit B, Serat, dan Iodium.

12. Fiddleheads

fiddleheads exotic vegetables

Bagi orang Maine, Inggris sayuran ini bukan hal yang aneh karena mereka sudah terbiasa mengolah sayuran ini menjadi salad. Fiddlehead sebenarnya adalah anakan dari pohon pakis liar, kesulitan dalam memanen Fiddleheads antara lain karena butuh kejelian karena beberapa diantaranya bisa jadi beracun. Sayur ini kaya Omega 3, serat, dan antioksidan.

Sumber: 
MNN

Comments

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar. Komentar anda akan ditampilkan setelah di moderasi

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa