Mengenal 15 Cabang Olahraga di Olympic Winter Games

Bagi kita yang berada di negara khatulistiwa ajang Olimpiade musim dingin jelas bukan hal yang populer. Olimpiade Musim Dingin kebanyakan diadakan di daerah bersalju, yang secara alamiah tidak bisa ditemui di negara-negara beriklim tropis. Namun tidak ada salahnya bukan jika kita menilik olah raga apa saja sih yang di adakan di musim dingin. Nah kali ini Anekainfounik akan mengupas satu persatu cabang olah raga Musim Dingin yang kali ini di adakan di Sochi, Rusia.

1. Ice Hokey



Kalau di negara kita lebih dikenal sebagai Hoki, tiap tim memiliki 6 anggota, cara permainannya cukup simpel yaitu pemain harus mengoper bola pipih dengan tongkat ke gawang lawan. Hoki diadakan diatas lapangan berlapis es sehingga pemain harus memakai semacam sepatu skating. 

2. Speed Skating.



Speed skating adalah perlombaan skating tercepat dengan menempuh jarak tertentu. Speed skating terbagi 3 menurut jaraknya yaitu short track, long track, dan maraton. Asal muasal olahraga ini berasal dari Skandinavia, Eropa Utara, dan Belanda dimana pada masa itu orang-orang memanfaatkan tulang binatang yang diikat di sepatu untuk melintasi sungai atau danau yang membeku.

3. Short Track Speed Skating



Sama seperti Speed Skating namun arena olahraga short Track berbentuk oval, jumlah peserta short track biasanya hanya berkisar 4 atau 6 orang. Tahun 1967 Short Track mulai diadopsi oleh International Skating Union, namun baru diterima secara internasional tahun 1976.

4. Figure Skating.


Cabang olahraga satu ini kadang juga dikenal sebagai Artistic Skating, karena cabang ini menampilkan gerakan tarian. Ada 4 kategori yaitu Tunggal Pria, Tunggal Wanita, Pasangan, dan Ice Dancing. Gerakan di dalam Figure Skating ini antara lain melompat, menari, berputar, mengangkat, dan elemen lain. Sepatu skating yang dipakai pun berbeda dari cabang lain, perbedaannya terletak pada ujung bilah besi yang bergerigi di bagian depan.

5. Curling


Permainan satu ini sangat jarang kita jumpai, Curling agak mirip permainan bowling. Bayangkan saja sebuah lapangan bowling (lebih luas tentunya) berlapis es. Diujung ada House atau semacam lingkaran. Ada 4 pemain yaitu Lead, Second, Third, Skip.

Cara permainan adalah pemain melontarkan Rock atau batu granit menuju ke tengah-tengah House, Rock yang paling dekat House akan mendapat point. Uniknya saat Rock meluncur ada dua Sweeper (yg memegang sapu) yang bertugas menyapu lintasan di depan Rock saat meluncur, kenapa begitu? karena normalnya Rock akan berputar saat meluncur, menyapu lintasan di depan Rock akan membuat Rock berputar semakin cepat, alhasil Rock akan semakin cepat meluncur. 

Ingin tahu lebih lanjut? klik link ini

6. Biathlon


Biathlon adalah gabungan antara cross country sky dan menembak. Ada dua posisi menembak dalam Biathlon yaitu berdiri dan merunduk. Jika gagal mengenai sasaran maka peserta akan dikenai penalti waktu saat ski dimulai, biasanya penalti waktu adalah satu menit. Asal muasal permainan ini dari latihan militer tentara Norwegia. Tahun 1767 diadakan kompetisi pertama Biathlon yang di ikuti petugas penjaga perbatasan negara.

7. Cross Country


Cross country adalah salah satu cabang ski dimana peserta harus bermain ski di daerah dengan permukaan es yang luas, berbeda dengan Short Skating yang berada di dalam ruangan. Ski lintas-alam berasal dari negara-negara Fennoscandian di zaman prasejarah dan masih banyak dilakukan di abad ke-19 sebagai cara untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain di musim dingin.

8. Sky Jumping


Pada dasarnya olahraga ski satu ini meluncur dari tebing lalu mendarat sejauh mungkin kebawah, juri biasanya menilai dari gaya lompatan.

9. Nordic Combined


Olah raga ini menggabungkan antara ski jumping dengan cross country ski, jarah yang ditempuh biasanya 10 KM.

10. Alpine Skiing.


Kadang disebut juga downhill skiing, peserta berlomba menuruni bukit bersalju, untuk merubah arah biasanya peserta tinggal membelokkan papan ski.

11. Freestyle skiing


Freestyle ski dimulai pada 1930-an, ketika pemain ski Norwegia mulai melakukan akrobat selama latihan Alpine dan Cross Country ski. Ada beberapa teknik dalam Freestyle ski, yaitu Aerial Jumping, Mogul skiing, Ski Ballet, Ski Cross, Half-pipe skiing, Slopestyle, Freeskiing.

12. Snowboarding



Lomba menuruni bukit namun dengan satu papan lebar.

13. Bobsleigh



Bagi penggemar Plant Vs Zombie pasti tidak asing dengan Bobsleigh. Bobsleigh merupakan olahraga meluncur dengan kereta khusus, satu tim terdiri dari dua atau empat pemain. Walaupun terlihat menyenangkan namun resiko-nya juga cukup besar karena kereta bisa terbalik dan keluar lintasan.

14. Skeleton.



Permainan ini mirip dengan bobsleigh namun hanya bisa dimainkan satu orang, peserta merebahkan diri di sebuah papan lalu dalam posisi tengkurap meluncur di lintasan.

15. Luge.



Luge berarti kereta luncur kecil, sesuai namanya Luge memang sangat kecil dan hanya bisa dinaiki oleh maksimal dua orang. Hampir sama dengan Skeleton namun posisi Luge adalah telentang dengan kaki meluncur lebih dulu. Diantara Skeleton dan Bobsleigh, Luge adalah kereta luncur tercepat sekaligus paling berbahaya, membuatnya dijuluki olahraga ekstrim.

Sumber:
Wikipedia

Comments

  1. Gan izin copas ya .... tak kasih sumber pastinya

    ReplyDelete
  2. Ok silahkan di copas dengan link

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar. Komentar anda akan ditampilkan setelah di moderasi

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa