Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

Tanggal 4 Juli lalu Amerika merayakan hari kemerdekaan ke-238, waktu yang sangat lama dan tentu saja banyak perubahan yang terjadi pada negara sebesar dan setua Amerika. Salah satu-nya adalah bendera Amerika, siapa sangka bendera Amerika telah beberapa kali berganti desain sampai desain-nya sekarang yang lebih dikenal dengan bintang dan garis merah. Kali ini kami menampilkan beberapa desain bendera Amerika di masa silam.

Tahun 1767 atau 9 tahun sebelum kemerdekaan, sebuah organisasi bernama The Sons Of Liberty menggunakan bendera ini. Sembilan garis menandakan sembilan koloni yang menentang Stamp Act of Congress (pengenaan pajak terhadap semua kegiatan bisnis oleh Inggris ke koloni Amerika).

Versi ini muncul tahun 1775 dibawa oleh John Hulbert saat memimpin Third Regiment of New York dari Fort Ticonderoga ke Philadelphia.


Tentara Amerika dilaporkan membawa bendera ini saat Pertempuran di Lexington dan Concord pada tanggal 19 April 1775. Ini merupakan perang awal antara Inggris dengan Koloni Amerika dan merupakan perang pertama dalam perang revolusi Amerika.


Pada akhir 1775, selama tahun pertama dari Perang Revolusi Amerika, Continental Congress berperan sebagai pemerintahan de facto untuk membuat tentara, angkatan laut, dan marinir. Bendera Continental Colors dibuat untuk membedakan antara tentara Amerika dengan Inggris. Karena dibuat oleh kongres maka bendera ini dianggap sebagai bendera pertama Koloni Amerika.


Dianggap sebagai bendera pertama negara Amerika, memiliki 13 bintang yang merepresentasikan 13 koloni. Bendera ini dijahit oleh Betsy Ross dan karena itu dinamakan bendera Betsy Ross.


The Liberty flag dirancang oleh komisi diketuai oleh Kolonel William Moultrie, untuk mempersiapkan perang dengan Inggris. Sejarawan masih berdebat apakah simbol di kiri atas menampilkan bulan sabit atau Gorget semacam perisai leher yang dikenakan di abad pertengahan.

Fort Moultrie flag.svg

Versi lain dari bendera Amerika saat perang Bennington, 76 merupakan pengingat tahun kemerdekaan Amerika 1776.


Tahun 1780 seseorang bernama Francis Hopkins menulis surat ke Kongres mengatakan dia-lah pembuat bendera Amerika yang pertama dengan desain dibawah ini.


Sersan William Batchelor dilaporkan membawa bendera Cowpens selama Pertempuran Cowpens, dimana Amerika memperoleh kemenangan besar merebut kembali Carolina Selatan dari Inggris. Yang membedakan dengan bendera Betsy adalah adanya satu bintang ditambahkan di tengah (Carolina Selatan).


Great Garrison Flag atau lebih dikenal sebagai Star Spangled Banner berkibar di Fort McHenry selama Perang 1812. Melihat bendera tersebut Francis Scott Key terinspirasi untuk menulis lagu dengan judul yang sama.


Grand Luminary" atau "Great Star" yang terdiri dari bintang-bintang yang lebih kecil yang disusun membentuk satu bintang besar. Pola ini dirancang oleh Kapten Samuel Chester Reid dari Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1818. Tugas Kapten Reid adalah untuk merancang pola yang memungkinkan untuk menambah jumlah bintang pada bendera, namun tetap menjaga pola khas umum di bendera. Kongres tidak menyukai desain ini sehingga desain ini tidak diadopsi secara resmi.


Great Star 1837 merupakan update dari Great Star 1818 dengan penambahan bintang-bintang baru.


Bendera ini disebut Great Flower Flag karena pola bintang menampilkan bentuk bunga, tidak diketahui siapa yang membuat bendera ini.


Phalanx merupakan istilah formasi militer Yunani kuno, sementara bintang terluar simbol dari kepemimpinan.


Konsentrik flag cukup populer dan memiliki beragam desain,bendera dibawah bahkan pernah ditampilkan di prangko tahun 1877.


Robert G. Heft, seorang siswa SMA di Ohio, merancang bendera Amerika modern di tahun 1959, tahun yang sama Hawaii bergabung dengan Amerika. Bendera ini mengikuti ketinggian yang sangat spesifik, lebar, warna dan peraturan yang ditetapkan oleh Kongres.


Dan dibawah ini evolusi bendera Amerika selengkapnya:

Sumber:
Business Insider
Dan dari berbagai sumber

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.