Ini Dia Pesawat Tanpa Awak Jagoan Angkatan Laut Amerika, X-47B



Sekali lagi Amerika menunjukkan peralatan tempur super canggihnya ke hadapan publik, kali ini adalah pesawat tanpa awak yang dijagokan oleh Angkatan Laut Amerika untuk melakukan berbagai misi udara. Berbeda dari drone Amerika lain, yang satu ini lebih besar dan mampu lepas landas dari Kapal Induk, kemampuan ini mengingatkan kita akan film "Stealth". Seperti dikutip dari Tempo

Pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat X-47B menjadi pesawat tanpa awak pertama yang diluncurkan dari dek penerbangan kapal induk. Tes penerbangan dilakukan pada Selasa, 14 Mei 2013 dari kapal induk USS George H.W. Bush, di pantai Virginia.

Setelah penerbangan selama 1 jam lebih 5 menit, pesawat tanpa awak itu mendarat di landasan pesawat Naval Air Station Patuxent River di Maryland. X-47B tidak mendarat di pesawat induk. "Hari ini kita melihat gambaran masa depan Angkatan Laut karena kita mulai mengintegrasikan pesawat tanpa awak dengan pesawat induk," kata Kepala Angkatan Udara Laksamana Madya David Buss.

X-47B didesain dengan sayap yang bisa dilipat sehingga mudah disimpan di dalam pesawat induk. Sistem robot untuk perang menjadi lebih independen dan X-47B merupakan bagian dari tren tersebut. X-47B bisa memiliki waktu terbang lebih lama ketimbang pesawat berawak. 

X-47B merupakan primadona dari program sistem penerbangan pesawat tempur tanpa awak. Berikutnya, Northrop Grumman dan Angkatan Laut Amerika Serikat akan mengetes pendaratan di pesawat induk. Peluncuran dan pendaratan pada Mei ini merupakan suatu peningkatan.

 Pesawat ini dirancang lebih independen, artinya pesawat dapat diprogram terbang dan mendarat otomatis setelah melakukan misi. Namun operator pesawat masih bisa mengintervensi dengan komputer khusus di kapal Induk, Bussines Insider menggambarkan pesawat ini mudah dikontrol hanya dengan mouse, ini sebuah kemajuan besar dibanding drone lain yang tetap harus dipiloti oleh kru dari darat.






















Sumber:
Bussines Insider
Tempo

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa