6 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Ponsel Anda Jatuh Ke Air


Sangat menyenangkan bukan membawa gadget kesayangan anda ke tempat liburan, namun bisa menjadi petaka jika gadget kesayangan anda basah atau jatuh ke air. Jangan panik karena mungkin gadget kesayangan anda masih bisa di selamatkan dengan 6 cara ini.

1. Lepas baterai dan SIM card


Lepas baterai dan sim card lalu taruh ponsel anda yang basah di atas handuk.

2. Lepas aksesoris ponsel


Untuk memastikan air tidak kembali masuk ke ponsel sebaiknya aksesoris dilepaskan saja, karena mungkin di aksesoris tersebut masih tertinggal sedikit air.

3. Keringkan bagian luar dengan lap


Bersihkan bagian luar dengan kain atau handuk kering, Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggoyang ponsel ketika sedang membersihkan. Jika terlalu banyak digoyang, dikhawatirkan air di bagian dalam akan menyebar ke bagian lain.

4. Bersihkan dengan vacum cleaner


Jika Anda ingin membersihkan air dari bagian dalam, usahakan menggunakan vacuum cleaner ketimbang hair dryer. Hal ini bisa dilakukan setidaknya selama 20 menit.

Namun ingat, usahakan jarak antara ponsel dan vacuum cleaner tidak terlalu dekat karena ditakutkan bisa menimbulkan listrik statis yang mampu merusak ponsel. Selain itu, hindari hair dryer karena mengeluarkan panas yang bisa melelehkan komponen ponsel.

5. Rendam dalam beras


Jika dirasa masih ada air, sebaiknya rendam dulu ponsel dan baterai dalam beras selama beberapa jam. Lebih lama direndam, kadar air akan mampu diserap dengan baik oleh beras. Beras sendiri adalah material kering yang mampu menyerap air dengan baik. Bahkan, beras mampu menyerap air dalam sela-sela ponsel yang tak mampu dijangkau oleh handuk dan tisu sekalipun.

6. Tes ponsel anda

Setelah yakin ponsel benar-benar kering, segera bersihkan dari beras dan debu dengan kain kering secara lembut. Kemudian pasang satu per satu komponen dan nyalakan secara perlahan.

Jika ponsel berhasil menyala dan terasa panas, kemungkinan masih ada air yang terkandung di dalam ponsel. Rendam lagi dengan beras atau langsung saja bawa ke pusat reparasi terpercaya.

      Demikianlah 6 langkah yang harus anda lakukan jika ponsel anda jatuh ke air sebagaimana Aneka Info Unik kutip dari situs Merdeka, semoga bisa membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa