Sejarah Singkat Paman Sam

Paman Sam selalu di identikkan dengan negara Amerika, biasanya paman Sam ditampilkan dengan potret seorang pria berjanggut dengan topi tinggi bergambar bintang, namun tahukah anda kalau Paman Sam adalah tokoh fiksi? lalu bagaimana sejarah singkat paman Sam?


Sam4

Poster J.M. Flagg’s tahun 1917 sebenarnya mengambil konsep dari poster perekrutan tentara Ingris dengan foto seorang bangsawan Inggris bernama Lord Kitchener. Poster ini digunakan untuk tujuan perekrutan pasukan untuk Perang Dunia I dan Perang Dunia II.




http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2a/Kitchener-Britons.jpg/220px-Kitchener-Britons.jpg

JM Flagg (foto bawah) lalu memodifikasi gambar ini dengan fotonya sendiri menjadi gambar Paman Sam dibantu oleh veteran Walter Botts. Namun uniknya wajah yang dipakai di poster tersebut juga mirip dengan Samuel Wilson. Nah bagaimana sejarah nama Uncle Sam (Paman Sam)?


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/17/James_Montgomery_Flagg_(1).jpg

Samuel Wilson adalah penyuplai ransum daging tentara Amerika selama perang tahun 1812. Agar awet daging tersebut di kirim dalam kaleng-kaleng, lalu pemerintah Amerika menstempel kaleng tersebut dengan tulisan U.S. Namun para tentara rupanya punya selera humor tersendiri dengan menerjemahkan U.S sebagai Uncle Sam. Lalu koran lokal menyebarkan berita ini kemana-mana. Penghargaan kepada Samuel Wilson kemudian diberikan oleh Kongres Amerika melalui resolusi tanggal 15 September 1961 yang berbunyi "Resolved by the Senate and the House of Representatives that the Congress salutes Uncle Sam Wilson of Troy, New York, as the progenitor of America's National symbol of Uncle Sam.

Sumber:
Berbagai sumber 
Wikipedia

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.