Ini Dia Alasan Kenapa 10 Benda ini Selalu Memakai Warna Tertentu

Pernahkah anda bertanya kenapa ban selalu berwarna hitam atau kenapa lampu lalu lintas memakai warna merah hijau kuning? Hal-hal kecil seperti ini acapkali terlewatkan begitu saja oleh kita. Padahal dibalik warna-warna tersebut terkandung arti tertentu. Berikut ini Anekainfounik menampilkan 10 benda sehari hari yang memakai warna-warna tertentu:

1. Merah - Fire Hidrant



Benda ini banyak kita temui di berbagai penjuru kota terutama di tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan lainnya. Fungsinya adalah agar pemadam kebakaran bisa langsung mencari sumber air untuk memadamkan api. Tapi tahukah Anda kalau fire hidrant tidak selalu berwarna merah?. Selain merah sebenarnya juga ada warna oranye, hijau dan biru. Warna ini menandakan kecepatan air yang keluar per menit.

2. Putih - Pesawat Terbang



Tahukah anda kenapa kebanyakan pesawat di cat putih? cat putih membantu merefleksikan cahaya matahari, mencegah kabin agar tidak panas, dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan sinar matahari. Penerapan warna ini penting karena pesawat terbang selalu terpapar oleh sinar matahari saat berada di landasan.

3. Hitam - Ban



Karet yang digunakan untuk memproduksi ban sebenarnya berwarna putih, tetapi karbon hitam ditambahkan untuk memperpanjang umurnya. Ini akibatnya membuat mereka hitam. Carbon black meningkatkan kekuatan dan daya tahan ban dengan menghindarkan panas dan melindunginya dari sinar UV.

4. Merah Hijau Kuning - Lampu Lalu Lintas



Tahukah anda alasan kenapa lampu lalu lintas berwarna merah, hijau, dan kuning? Merah adalah warna dengan panjang gelombang terpanjang yang berarti dapat dilihat dari jarak yang lebih jauh, memungkinkan pengemudi untuk melihatnya dari jauh. Kuning memiliki panjang gelombang lebih pendek dari merah tetapi lebih panjang dari hijau. Panjang gelombang ini membuatnya lebih jelas ketika lampu berubah dari hijau ke kuning atau dari kuning ke merah.

5. Hitam Putih - Zebra Cross



Warna hitam dan putih yang kontras di atas aspal membuat pengemudi bisa melihatnya dari jarak jauh dan lebih waspada saat melewati perlintasan zebra cross

6. Kuning - Bis Sekolah



Warna kuning pada bus sekolah dipilih untuk alasan keamanan. Warna-warna kuning dan hitam yang kontras pada bus sekolah membantu mereka agar mudah diperhatikan oleh siswa, terutama di pagi hari ketika mereka dijemput. 2 warna ini juga membantu pengemudi lain memperhatikan bus sekolah pada jam-jam yang lebih gelap.

7. Kuning - Taxi



Mirip dengan bus sekolah, warna kuning yang digunakan pada taksi membuatnya mudah dikenali. Kuning adalah warna yang mudah menonjol dari orang lain di jalan.

8. Hitam Putih - Bola Sepakbola



Ketika bola sepak mulai terbuat dari plastik, mereka memutih semua putih. Namun, perusahaan Adidas memutuskan untuk juga menambahkan hitam pada mereka. Bola hitam dan putih lebih mudah dikenali di TV karena pada saat itu, gambar-gambar di TV juga hitam dan putih.

9.  Putih - Tisu Toilet



Kertas toilet berwarna putih karena dikelantang. Tanpa pemutih, kertas akan memiliki warna kecoklatan. Kertas toilet tidak ditemukan dalam banyak warna lain karena perusahaan harus mewarnai dan itu akan menghabiskan lebih banyak uang. Ini berarti kertas toilet berwarna putih karena lebih hemat biaya.

Namun, itu bukan satu-satunya alasan warna mereka. Kertas toilet berwarna tidak akan terurai dengan cepat. Juga, ketika kertas toilet berwarna dibuat, banyak dokter mengaitkannya dengan peningkatan risiko kesehatan. Putih adalah pilihan yang aman.

10. Biru - Sosial Media



Meskipun platform media sosial memiliki warna yang berbeda dalam logo mereka, banyak dari mereka menggunakan warna biru. Ini karena warna biru dikaitkan dengan kecerdasan dan pikiran yang terhubung dengan tindakan berkomunikasi. Warna ini juga mewakili keamanan dan keandalan. Perusahaan media sosial ingin orang merasa aman saat berkomunikasi dengan orang lain, sehingga mereka memutuskan warna biru.


Sumber / Source:

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal 15 Cabang Olahraga di Olympic Winter Games

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

Ini Dia Tarif Sewa Pesawat Militer Per Jam