10 Kepercayaan Terhadap Dewa/Dewi Bumi Dari Berbagai Dunia

Kepercayaan terhadap adanya dewa-dewi sudah ada di muka bumi ini, sebelum adanya kepercayaan monotisme manusia memuja banyak dewa-dewi sesuai dengan tugasnya masing-masing. Salah satu kepercayaan adalah pemujaan terhadap dewa-dewi bumi atau dewa yang menciptakan bumi. Dan ternyata kepercayaan tersebut tersebar ke seluruh dunia walau dengan nama berbeda-beda. Sekarang mari kita intip 10 dewa-dewi bumi

Isis
Top 10 Mother Earths
ANDREW WINNING / Reuters / Corbis

Salah satu dewa yang paling penting dari Mesir kuno, Isis memegang beberapa peran. Tidak hanya itu dia seorang dewa utama dalam ritus berhubungan dengan orang mati, tapi dia juga seorang penyembuh ajaib, dan sebagai figur ibu dan wasit dari upacara kesuburan, dia adalah teladan bagi perempuan. Isis adalah putri dari dewa bumi Geb dan Dewi langit Nut dan menikah dengan Osiris, raja Mesir, yang ia kembali sebagai mumi setelah Seth saudaranya melemparkannya ke dalam sungai Nil dan kemudian mencincangnya.

Durga
Top 10 Mother Earths
Brooklyn Museum / Corbis

Lupakan Ibu Pertiwi: Dewi Durga Hindu dianggap sebagai ibu alam semesta. Digambarkan seperti dewa kuat memiliki setidaknya delapan lengan, naik singa, dan dapat mengalahkan iblis yang bahkan dewa lain tidak bisa. Sudah sepantasnya dewi pelindung sekaligus prajurit cantik ini memiliki festival untuk menghormatinya setiap tahun: Durga Puja dirayakan, terutama di India timur, selama musim panen.

Nu Gua
Top 10 Mother Earths
Mary Evans Picture Library / Alamy

Dia memiliki kepala manusia tapi berbadan ular. Atau ikan. Dalam mitologi China, Nu Gua (dalam satu cerita Nu dan Gua dianggap manusia pertama di bumi) adalah adalah penentu jodoh, yang berarti ia mendirikan norma untuk pernikahan dan mengembangkan aturan perilaku antara kedua jenis kelamin. Tapi ia lebih dari itu. Pilar surga perlu diperbaiki? Nu Gua akan melakukannya. Penjuru bumi rusak? Nu Gua akan membawa peralatannya kura-kura dan lelehan batu. Dia bahkan membangun sebuah istana yang dibuat dengan bahan disiapkan oleh roh-roh gunung.

Gaia
Top 10 Mother Earths
AISA / Everett

Sementara penyair Yunani kuno Hesiod tidak menggunakan kata-kata "Kapten Planet"untuk menggambarkan Gaia, kalau ada yang patut itulah Gaia. Hesiod menulis dalam Theogony bahwa dia datang setelah, tetapi bukan anak, Chaos. "Bumi terbentang Luas (Gaia), tempat berdiri untuk semua / Dewa yang hidup di puncak Olympus bersalju '" menciptakan langit, pegunungan, dan laut. Bahwa langit (Uranus), "sebuah sama dengan dirinya sendiri," tidak hanya keturunannya, ia juga menjadi suaminya

Coatlicue
Top 10 Mother Earths
DeAgostini / Getty Images

Coatlicue adalah banyak segi. Seperti Coatlicue dia adalah dewi bumi Aztec, pencipta dan perusak bumi, ibu para dewa dan manusia, orang yang melahirkan bulan dan bintang-bintang. Tapi dia juga disebut Teteoinnan, "ibu para dewa," Toci, "leluhur kami," Cihuacoatl, dewi menakutkan persalinan dan pelindung wanita-wanita yang meninggal dalam kelahiran, Tonanantzin, "ibu kami," Tlazolteotl, dewi ketidakmurnian seksual dan perilaku salah dan sederhana, "Ular Perempuan." Selain itu dia juga dikenal sebagai dewi api dan kesuburan, kehidupan, kematian dan kelahiran kembali, dan ibu dari bintang-bintang selatan. Cocok untuk dewi makna yang luas seperti dan tanggung jawab, penampilannya adalah ... kompleks. Seperti ular melambangkan kesuburan, wajahnya dikatakan dua ular bertaring, roknya ular terjalin. Payudaranya digambarkan sebagai lembek, karena ia banyak gizi. Dan, seperti bumi mengkonsumsi semua orang yang mati, kalung terbuat dari hati manusia, tangan dan tengkorak. Ya, tidak persis potret seorang ibu yang penuh kasih.

Ninsun
Top 10 Mother Earths

A starue of Gilgamesh, son of Ninsun, from the Palace of Sargon

The Art Archive / Alamy
Ninsun berarti Sapi Liar Betina, yang berarti bentuk sapi. Tapi dewa Sumeria sebenarnya disebut banyak hal:. "sapi tanpa cela," "sapi liar pada enclosure" dan "ibu dari anak yang baik yang mencintai keturunannya" Dikatakan bahwa dia adalah kekuatan ilahi di balik gembala kualitas yang diharapkan pada sapi mereka sendiri. Tapi dia bukan hanya dalam bentuk seperti sapi. Dia juga diwakili dalam bentuk manusia dan benar-benar bisa melahirkan manusia, termasuk (legenda) untuk Gilgames, salah satu raja besar mitos Mesopotamia.

Asase Ya
Top 10 Mother Earths
LUC GNAGO / Reuters / Corbis

Orang-orang Afrika Barat Akan menganggap Asase Yaa sebagai Ibu Pertiwi, dewi bumi dan kesuburan penegak kebenaran. Ketika seorang anggota suku Akan ingin membuktikan kredibilitasnya, ia menyentuh bibir ke tanah. Tradisi lain mengatakan bahwa karena Kamis dicadangkan sebagai hari Asase Yaa, para Akan umumnya menjauhkan diri dari mengolah tanah pada hari itu.

Danu
Top 10 Mother Earths
Danu dikatakan telah benar-benar menyusui para dewa. Dalam mitologi Irlandia, ia adalah ibu dari bumi, para dewa, kesuburan, kebijaksanaan, angin dan dari semua orang Celtic. Kisah Danu tetap hidup dengan keturunannya, Tuatha De Danann, atau orang dari dewi Danu, yang dalam cerita rakyat Irlandia dikenal sebagai peri orang-orang yang terampil dalam sihir. Ketika Tuatha De Danaan mencapai pantai Irlandia untuk berperang melawan Fir Bolg - ras raksasa jahat - Danu memberi mereka rezeki, hidup dan hukum.

Artemis
Top 10 Mother Earths
National Geographic RF / Getty Images

Dilahirkan ke dalam ekuivalen mistis dari dinasti modern berarti bahwa Artemis telah melekat dalam memori. Sebuah kunci dalam mitos dewa Yunani, dia adalah putri dari Zeus dan Leto dan saudara kembar dari Apollo, dewa matahari. Paling sering dianggap sebagai dewi perburuan, ia sering digambarkan dengan getar penuh panah, dan disertai dengan rusa atau beruang. Namun, Artemis juga bisa merujuk kepada beberapa dewa lainnya, tergantung pada jangka waktu atau wilayah - dan banyak dari mereka memiliki peran yang lebih memelihara. The Artemis Efesus - dihormati di Turki modern - misalnya, pada awalnya dipuja sebagai dewi ibu yang hebat, dan pra-tertanggal Artemis yang akhirnya dihormati di Yunani. Kemudian, Artemis diisi peran lain ibu, kadang-kadang dikaitkan dengan persalinan dan ritus kesuburan.

Frigga
Top 10 Mother Earths
Ivy Close Images / Alamy

Frigga, istri Odin, adalah tokoh keibuan dalam mitologi Nordik, terkait dengan perapian, ruang larutan madu dalam air dan persalinan. Tetapi sementara yang tampaknya portofolio yang membosankan, ini merupakan salah satu penting mengingat kekerasan dan ketidakstabilan dari Skandinavia di zaman gelap. Frigga juga diingat dalam konteks roda berputar, melilit benang-benang nasib yang mengikat semua umat manusia.


Sumber:

http://www.time.com/time/specials/packages/article/0,28804,2066721_2066724_2066718,00.html

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.

Ini Dia 10 Peluru Dengan Bentuk Dan Fungsi Yang Unik