7 Menara Air Yang Dirubah Menjadi Bangunan Yang Menakjubkan



















Mungkin banyak diantara kita tidak tahu apa itu menara air, pada dasarnya menara air digunakan untuk menyimpan air di ketinggian tertentu agar menghasilkan tekanan. Pada jaman Hindia Belanda beberapa kota di Jawa memiliki menara air di tengah alun-alun-nya, contohnya Magelang. Beberapa diantaranya bahkan masih berfungsi baik. Namun tahukah anda bahwa menara air bisa diubah menjadi hunian yang prestisius? Untuk lebih jelasnya mari kita lihat beberapa contoh menara air yang keren-keren ini.

7) Groningen Water Tower, The Netherlands
Menara air ini telah diperkuat sisi-sisinya dengan besi, dilengkapi dengan jendela.
































6) House in the Clouds, Thorpeness, Suffolk, U.K.
































Dibangun oleh Braithwaite Engineering Company of London tahun 1923, tujuan utamanya adalahmenyuplai air ke desa Thorpeness. Menara ini kemudian dirubah menjadi rumah oleh Glencairn Stuart Ogilvie and architect F. Forbes Glennie. Sekarang ada 5 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Jika anda ingin mencobanya silahkan siapkan uang $ 3430 perminggu.

5) Jaegersborg Water Tower, Gentofte, Denmark























Menara air Jaegersborg tua, di Gentofte, utara Copenhagen,tidak hanya bagian atasnya yang bisa dimanfaatkan, namun juga bagian bawahnya. Firma Dorte Mandrup Architects memenangkan kompetisi tahun 2004 untuk mengubahnya menjadi gedung multifungsi. Hasilnya apartment untuk 40 mahasiswadibagian atas, dengan pusat kegiatan, dan ruang multifungsi dibagian bawah.

4) Sunset Beach Water Tower, California
































Meskipun tidak se"wah" menara sebelumnya namun lokasi menara ini sangat strategis yaitu di Huntington Beach,California. Ingin mencoba? siapkan uang $5000 perminggu. Walau kurang menarik dalamnya cukup mewah, ada lift,2 suites, bar besar, outdoor jacuzzi, dan ruang kerja. Jangan lupa pemandangannya, anda bisa melihat Lautan Pacific dan Catalina Island, termasuk Newport Beach, Long Beach, Port of Los Angeles, San Pedro, [the] San Bernardino Mountains dan jika cerah kamu bisa melihat LA.

3) Chateau d’eau, Steenokkerzeel, Belgium


















Ada 6 lantai, 2 pintu masuk, dua garasi, ruang teknik, penyimpanan dan perlengkapan di lantai pertama. Sebuah ruang tamu dan ruang kerja di lantai 2. kamar mandinya sangat lega karena seluruh lantai 3 digunakan untuk kamar mandi,kamar tidur dengan kubah di lantai 4, ruang makan dan dapur dilantai 5, dan sebuah jembatan besi menuju teras untuk melihat pemandangan sekitar. Hah apalagi yang kurang coba?

1) Water Tower in Essen-Bredeney, Germany

























Menara air ini dirubah menjadi bangunan 8 lantai oleh German architectural firm Madako tahun 2002. Sekarang lantai bawah difungsikan untuk rumah dan kantor, dengan ruang konferensi dilantai atas. 6 lantai sisanya untuk apartment dan sebuah tangga outdoor menghubungkan tiap lantai.

Sumber:
1800recycle

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal 15 Cabang Olahraga di Olympic Winter Games

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

Resep Membuat Virus Zombie