Anjing Jenius, Bisa Mengingat 1022 Obyek


Untuk ukuran anjing, anjing jenis Border Collie bernama Chaser ini cukup jenius. Pemiliknya seorang psikolog di Wofford University di South Carolina mengajari anjing ini lebih dari 1000 nama-nama benda, jauh melebihi anjing umumnya. Kebanyakan benda-benda tersebut berupa mainan seperti bola-bola, freesbies, dan lain-lain. Uniknya si anjing bisa diperintah untuk mengambil barang hanya dengan menyebutkan nama barang tersebut. Anjing diuji selama tiga tahun, dan dalam 838 tes dia tidak pernah gagal bawah 90 persen benar, menurut laporan para peneliti Wofford .

Kok bisa?
Ini karena pemiliknya John W. Pilley melatih Chaser sejak masih kecil, setiap latihan memakan waktu 4-5 jam. Dia akan menunjukkan sebuah barang, mengulangi namanya sebanyak 40 kali, lalu menyembunyikannya dan meminta Chasser untuk mengambilnya. Dengan cara ini, ia mengajarkan nama satu atau dua objek baru setiap hari.

Apakah anjing lain bisa sepintar Chaser?
Anjing jenis Border Collie memang dikenal cerdas, namun tidak diketahui apakah Collie lain bisa secerdas Chaser. Namun Pilley yakin anjing lain bisa cerdas jika dilatih secara tepat. Sebelumnya memang ada anjing cerdas, anjing asal German bernama Rico (juga Border Collie) memegang rekor mampu mengingat 200 obyek (sebelum dikalahkan Chaser).

Dibanding manusia?
Kecerdasan Chaser setara anak umur 3 tahun. Rata-rata, anak-anak belajar 10 kata-kata baru setiap hari, dan tahu sekitar 60.000 kata pada saat mereka lulus dari sekolah tinggi.

Sumber :
Theweek


Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.