O-14 Tower : Gedung Berlubang Pertama Di Dunia



























Gedung Bolong atau gedung berlubang, mungkin itu julukan yang paling pas buat gedung ini, berkat arsitektur yang unik gedung ini menjadi pusat perhatian, namanya o-14 Tower. O-14 Tower dirancang oleh Jesse Resiser dan Nanoko Umemoto dari RUR Arsitektur, mulai dibangun pada tahun 2007 dan akhirnya siap untuk hunian sekarang.

Lantai dasar gedung serbaguna berlantai 22 ini akan menampung perbelanjaan mewah sementara lantai atas dirancang sebagai ruang kantor. Bangunan 300.000 meter persegi akan menikmati prima, high-end lalu lintas konsumen, karena terletak di pelataran pantai Dubai Creek.




















Bagian luar tidak hanya sekedar buat gaya, eksterior beton berfungsi sebagai exoskeleton yang menyediakan sebagian besar dukungan untuk struktur bangunan. Dengan kata lain, tulang dan kulit bangunan ini terbalik ada di luar. Cangkang juga mencegah panas matahari yang berlebih, dan ruang antara framing luar dan ke atas panas interior saluran seperti cerobong asap.






















Penyewa akan senang, karena desain pendingin pasif akan membantu untuk mengimbangi harga energi tinggi yang sekarang merajalela di Dubai. 1000 lubang ini juga memberikan pandangan bagi penghuni gedung, tanpa membiarkan udara panas masuk.






















Sumber :
Green Prophet

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.