Kenali Simbol Ini Pada Plastik Yang Anda Punya








Seperti yang kita tahu plastik merupakan bahan yang sulit terurai secara alamiah, namun dengan berkembangnya iptek plastik pun bisa diolah, tapi tidak semua plastik bisa diolah dengan mudah. Makanya Society of the Plastics Industry memberi simbol-simbol tertentu pada produk plastik.

Plastik 1 -2
Merupakan jenis plastik yang paling mudah diolah

Plastik 3, 4, dan 5
Plastik Tipe 3 termasuk vinil atau polyvinyl chloride (PVC), tipe 4 adalah low density polyethylene (LDPE) dan Tipe 5 polypropylene (PP). PVC digunakan untuk memproduksi bungkus makanan, botol minyak sayur dan paket blister, sedangkan LDPE ditemukan dalam kantong plastik, shrink wrap tas dan garmen. PP membuat item seperti tutup botol, wadah kontainer dan pembungkus makanan, karpet dan tas. PVC sering didaur ulang dan berubah menjadi pipa drainase dan irigasi, dan LDPE dapat dibuat lagi menjadi kantong belanja. Karena plastik 3, 4 dan 5 memiliki tingkat daur ulang yang rendah, tidak ada banyak pusat daur ulang kota yang menerima mereka.

Plastik 7
Produk yang ada angka 7 sering dibuat dari berbagai macam resin. Termasuk stirena akrilonitril (SAN), akrilonitril butadiena stirena (ABS), polycarbonate (PC) dan nylon. SAN dan ABS adalah aman untuk makanan dan minuman, namun PC mampu menghasilkan senyawa kimia berbahaya. Bisa dibilang palstik berkode 7 ini paling sulit di daur ulang, biasanya langsung dibuang begitu saja.

Sumber:
1800recycling

Popular posts from this blog

Ini Dia 14 Mahkota Paling Indah Di Dunia

Ini Dia Evolusi Bendera Amerika Dari Masa Ke Masa

10 Minuman Biasa Namun Bisa Membuat Otak Anda Jadi Luar Biasa.